Thursday, September 8, 2011

it’s not about gear

Okelah saya masih belajar di dunia fotografi, punya kamera juga belum setahun, itu pun belinya penuh tragedi hahaha, okelah kamera saya juga cuman 1000d, lensanya juga cuman lensa kit. Belum ada aksesoris wah lain yang saya punya, paling belakangan ini saya baru beli satu lensa fix dan cleaning kit. Terus kenapa saya harus minder dengan gear yang saya punya ini.

Seringkali saya ngerasa terlecehkan kalo ketemu para fotografer lain dengan segala macam peralatan perangnya, ane kirain ni orang bawa termos, gataunya dia bawa lensa tele berlabel putih, kameranya udah berembel “mark”, battery grip, flash external, tripod, tasnya gede, pas dibuka udah kayak orang buka lapak lensa dipinggir jalan aja. Apalagi sekarang-sekarang ini banyak pemula-pemula fotografi ga nanggung-nanggung belinya langsung yang mahal sekalian, ditanya budgetnya ternyata sudah bisa beli macem-macem.

Selama lebih kurang 3bulan bergelut di hobi ini, saya mengambil kesimpulan fotografer itu mirip dengan pilot, skill fotografi seseorang berbanding lurus dengan jam terbangnya. Walaupun bermodalkan kamera HP sekalipun, kalo dia ngerti konsep-konsep fotografi bukan tidak mungkin bisa ngehasilin foto-foto yang bagus. Terus kenapa harus mempermasalahkan gear, gear memang sangat membantu, tapi bukan prioritas selama kita belum menguasai dasar-dasar fotografi itu sendiri, semuanya harus bertahap. Saya selalu ingat quote ini:

“When you buy a Canon Camera, you are not being a photographer yet, you were just being a Canon owner” .

“It’s not about the camera, it’s depend on a man behind the camera”

Sejauh ini saya bangga dengan kamera 1000d saya, biar kata bodynya kecil, biar kata kepalanya cuman lensa kit, saya akan terus memaksimalkan sahabat terbaik saya ini. So just keep shoot, never stop learning, keep upload and ask for any comment from master.

Buat para pecinta fotografi, jangan hanya menikmati foto orang lain, cobalah untuk mengambil fotomu sendiri, dan banggalah apapun gear yang kamu punya, bila kamera hp pun ga ada, yaudah minjem juga gpp hehehe. Sambil nabung dong tentunya buat beli kamera favoritmu. So pasti kamu akan bangga bila ternyata foto hasil jepretanmu sendiri ternyata bisa dinikmati orang lain. Salam fotografi


tulisan ini repost dari tumblr saya

No comments:

Post a Comment